facebook-domain-verification=e9qbhu2sij9ezrnqbgiw8k4f00x69y BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen

Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen








Kamis, 2 Juli 2020, beberapa pakar perguruan tinggi keagamaan Kristen di fasilitasi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen berkumpul di Hotel Amarossa Bekasi untuk mempersiapkan draft Peraturan Menteri Agama tentang Penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi . 

Pertemuan yang ditetapkan selesai pada tanggal 4 Juli ini diharapkan mampu menghasilkan draft PMA tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi. Selain itu naskah akademik yang menjadi dasar rancangan PMA juga dapat rampung pada hari yang sama. 

Hadirnya Peraturan Pemerintah No 46 tahun 2019 tentang pendidikan tinggi keagamaan. secara bersamaan juga memberikan mandat kepada kementerian agama umtuk dapat melaksanakan PP tersebut dengan membuat PMA sebagai petunjuk pelaksana dari PP tersebut,  antara lain penetapan PMA tentang penyelenggaraan pendidikan agama Kristen dan pengelolaan perguruan tinggi Kristen yang secara jelas belum di atur dalam PP tersebut. 




Menetapkan sebuah kebijakan publik bukanlahlah hal yang mudah, demikian juga dalam pelaksanaannya. Meski sebuah kebijakan unggul sejatinya bisa dilaksanakan, namun peran serta mereka yang menjadi target kebijakan menempati posisi penting. 

Kita berharap kerja keras pakar teologi dari berbagai STT ini dapat menghasilkan PMA yang bermutu dan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia. Selamat berjuang. 

Dr. Binsar Antoni Hutabarat 




No comments:

Post a Comment