Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Pengertian, Metode dan Pendekatan Penelitian Ilmiah

 










Pengertian, metode dan pendekatan penelitian ilmiah ini perlu dipaham

Mengetahui apa yang dimaksud dengan penelitian ilmiah, pengertian, metode dan pendekatan ilmiah perlu untuk mengetahui apakah penelitian yang dilakukan itu memenuhi langkah-langkah yang ditetapkan dalam penelitian ilmiah.

 Pengertian penelitian dan metode ilmiah.

Penelitian Ilmiah adalah penelitian untuk mencari kebenaran dengan menggunakan Metode ilmiah.

Metode Ilmiah adalah Metode yang menggunakan logika berpikir atau penalaran deduktif dan induktif.

 

Sedangkan yang dimaksud dengan Kebenaran Ilmiah adalah seperti berikut:

1.Kebenaran Koherensi:Logika induktif,sifatnya rasional

2. Kebenaran Korespondensi: Logika deduktif, sifatnya empirik (faktual)

3. Kebenaran Pragmatis: ditinjau dari kegunaan dilapangan.

 

Dengan demikian dapat ditetapkan Sifat ilmu antara lain adalah:

1.Bersistem

2. Bermetode

3.Objektif: Dapat dianalisis secara empiris

4. Rasional atau logis (dipecahkan oleh akal secara deduktif dan induktif)

 

Pendekatan Penelitian Ilmiah

 

Penelitian menggunakan dua jenis penalaran: inductive reasoning and deductive reasoning.

Penalaran  ilmiah menggunakan dua paradigma yang berbeda dan tidak bisa dicampur. Pertama, penelitian yang merujuk pada pendekatan pengetahuan “bottom-up”, peneliti menggunakan pengamatan tertentu untuk membangun suatu abstraksi atau menggambarkan sebuah fenomena yang diteliti.

Penalaran induktif mengarah pada metode-metode induktif pengumpulan data, dimana peneliti:

Secara sistematis mengamati fenomena yang diteliti

Mencari pola-pola atau tema-tema dalam pengamatan

Mengembangkan suatu generalisasi dari analisis tema-tema tersebut

Dengan demikian peneliti memproses  dari  pengamatan spesifik ke pernyataan umum  - suatu jenis pendekatan  penemuan pengetahuan.

 

Kedua, Paradigma deduktif, yakni penalaran yang menggunakan pendekatan pengetahuan ‘top-down’. Peneliti menggunakan satu aspek penalaran deduktif  dengan pertama membuat suatu pernyataan umum dan kemudian mencari bukti spesifik yang dapat mendukung atau menolak pernyataan tersebut.

Jenis penelitian ini menggunakan the hypothetic deductive method, yang memulai dengan penyusunan sebuah hipotesis: suatu penjelasan tentatif  yang dapat diuji dengan pengumpulan data.Hipotesis ini harus didasarkan pada sebuah teori  atau suatu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu.

 

Sebuah teori adalah sebuah penjelasan yang dikembangkan dengan baik tentang bagaimana beberapa aspek dari dunia bekerja menggunakan suatu kerangka konsep, prinsip, dan hipotesis-hipotesis lainnya. Ringkasnya, peneliti mulai dengan:

Sebuah teori dan pengetahuan yang didasarkan  dan digunakan untuk menyusun hipotesis.Mengumpulkan data, dan

Membuat suatu keputusan berdasarkan pada data  untuk menerima atau menolak hipotesis atau prediksi.

 

 

Pendekatan induktif dan pendekatan hypothetic-deductive untuk pengetahuan  adalah dua jalur umum yang digunakan dalam penelitian Penalaran induktif sangat dekat diasosiasikan dengan pendekatan penelitian kualitatif, yang mengumpulkan dan merangkum data menggunakan metode naratif atau verbal: observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Peneliti kualitatif  sering dikatakan mengambil pendekatan induktif untuk mengumpulkan data karena mereka merumuskan hipotesis hanya setelah mereka mulai melakukan observasi, wawancara, dan analisis dokumen.

Hipotesis ini diuji dan dimodifikasi dengan pengumpulan data lanjutan ketimbang diterima atau ditolak secara serentak.

Peneliti kualitatif percaya bahwa pemahaman penuh fenemona bergantung pada konteks, dengan demikian mereka menggunakan teori setelah pengumpulan data untuk membantu pola-pola yang diamati.

 

Metode hypothetic-deductive sangat dekat diasosiasikan dengan pendekatan kuantitatif, yang merangkum data menggunakan angka-angka. Hipotesis dan metode pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif diciptakan sebelum penelitian dimulai.

Hipotesis atau teori kemudian diuji, dan ketika didukung, biasanya hipotesis atau teori ini dipandang dapatdigeneralisasikan: dapat diaplikasikan pada siatuasi dan populasi yang sama yang lebih luas. Peneliti  sebagaimana mereka mencari pengalaman, hasil, ide, konsep, atau teori yang sama.

 

https://www.binsarhutabarat.com/2020/09/pengertian-metode-dan-pendekatan_28.html

 

 



 



 

 

No comments:

Post a Comment