Kiat Menentukan State of The Art Naskah Jurnal Akademik

 




Bingung Menentukan State of The Art Naskah Jurnal Akreditasi?

Tanpa kebaruan, sebuah naskah jurnal tentu akan mengalami penolakan. Mengingat jurnal adalah catatan harian para ilmuwan. Membaca jurnal berarti membaca jejak para ilmuwan dalam mendedikasikan ilmuanya untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi seorang cendikiawan bukanlah sekadar bergelar doktor, tapi sejauh mana ia dapat memainkan perannya dalam pembangunan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

 

 

Panitia penyelenggara, Binsar Hutabarat Institute meyakini, Indonesia bisa menghasilkan artikel-artikel bermutu yang memberikan kontribusi penting, bukan hanya untuk kemajuan Indonesia tapi juga dalam lingkup yang lebih luas, yakni dalam hubungan antar bangsa, jika antusias meneliti dan menulis karya ilmiah terawat dengan baik.

 

Pembahasan Kiat Menentukan Topik Karya Ilmiah untuk Jurnal Akademik dimulai dengan memaparkan topik-topik yang bisa dipilih oleh peserta dalam menulis artikel ilmiah akademik. Mulai dari topik yang umum, sampai pada topik yang khusus ditampilkan oleh pembicara.

 

Mengenai pentingnya pemilihan topik yang tepat ini juga dilukiskan oleh pembicara dengan menampilkan topik-topik yang diminta jurnal-jurnal ilmiah ketika memberikan undangan penulisan. Narasumber memaparkan bahwa undangan penulisan jurnal selalui disertai pilihan topik.

 

Penulis jurnal perlu melihat kemampuan atau keahliannya ketika menetapkan topik tulisan. Keahlian penulis bisa terlihat dari karya ilmiah pada karya akhir penulis. Pilihan topik juga mesti disesuaikan dengan mata kuliah yang diajarkan, jika penulis adalah seorang dosen, karena itu berhubungan dengan persyaratan kenaikan jabatan fungsional.

 

Dr. Binsar Hutabarat menjelaskan bahwa, jika penulis mampu membuat ikhtisar atau abstrak yang memenuhi persyaratan sebuah abstrak yang baik, maka ada jaminan bahwa penulis menguasai topik yang akan di tulis.

 

Binsar Hutabarat juga menjelaskan bahwa sebaiknya peserta menuliskan ikhtisar terlebih dulu, baru kemudian menulis abstrak. Setelah itu untuk memastikan bahwa data-data tersedia, maka penulis memasukkan data-data yang kedalam template jurnal yang disediakan pengelola jurnal.

 

Apabila seluruh template yang berisi bab dan sub bab itu dapat ditemukan data yang memadai dari hasil bacaan penulis atau riset awal, maka dapat dipastikan bahwa topik karya ilmiah akademik yang ditentukan itu akan dapat dituntaskan penulis.

 



https://www.binsarhutabarat.com/2020/10/hari-kedua-pertemuan-pelatihan-menulis.html

Dr. Binsar Antoni Hutabarat

https://www.binsarhutabarat.com/2020/10/kiat-menentukan-state-of-art-naskah.html


No comments:

Post a Comment