Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Hari Perempuan Internasional 2021






Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret merupakan waktu penting untuk mengevaluasi bagaimana perlakuan terhadap perempuan Indonesia, demikian juga perjuangan perempuan di seantero dunia untuk menghirup udara kebebasan serta memberikan dedikasi seluas-luasnya.


Melalui isi ucapan pada hari Perempuan Internasional yang diucapkan pemerhati perempuan baik dalam bahasa Indonesia maupun yang dituliskan dalam bahasa Inggris, kita akan paham bahwa perempuan di Indonesia bahkan pada banyak negara didunia masih termarginalisasikan.


Ucapan-ucapan itu umumnya berisi seruan menentang perlakuan deskriminatif yang masih terus berlangsung. Itulah sebabnya, peringatan Hari Perempuan Internasional 2021 yang jatuh pada tanggal 8 Maret, memilih tema Choose to Challenge atau Memilih untuk Menantang. 


Tema tersebut juga berisi harapan agar perempuan berani untuk bicara terbuka, mengungkapkan bias dan ketidaksetaraan gender yang masih ada.Dan menuntut diberi ruang seluas-luasnya untuk mengekspresikan kebebasan, dan dedikasi seluas-luasnya, perempuan berbeda dengan laki-laki, tetapi memiliki derajat yang sama, karena itu tidak boleh ada marginalisasi perempuan.


Di indonesia ada kabar yang menyedihkan terkait derita perempuan Indonesia, yakni dengan meningkatnya pernikahan perempuan dibawah umur. Bukti masih terjadinya pengekangan kebebasan perempuan.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga dalam diskusi November 2020 melaporkan bahwa pada pandemi ini ada 34.000 permohonan dispensasi kawin yang diajukan mempelai di bawah usia.


Perkawinan anak usia dinia masih dianggap cara jitu untuk membebaskan keluarga dari beban membiayai kehidupan dan pendidikan anak, secara khusus perempuan. 


Memang perkawinan pada satu sisi bisa merubah sebuah keluarga miskin bergabung menjadi bagian dari keluarga kaya, tapi perempuan yang menikah dibawah umur harus terenggut kebebasannya, dan kehilangan kesempatan mengenyam pendidikan yang adalah hak azasi manusia.



Ucapan Hari Perempuan Internasional 2021 


Bahasa Indonesia:

1. Selamat hari Perempuan! Kamu berhak untuk menjadi bahagia hari ini sehingga kamu bisa menikmati harimu sepenuhnya.

2. Setiap wanita dapat membuat kebahagiaan untuk mewarnai hidup mereka, selamat hari perempuan!

3. Semua wanita itu unik dan istimewa, di atas dunia ini kamu bisa melakukan hal besar.

4. Perempuan adalah inspirasi terbesar di dunia. Mari kita memuji mereka dan tidak pernah melupakan betapa menakjubkan dan indah mereka. Hormati dan hargai mereka setiap hari. Selamat hari perempuan!

5. Wanita punya hak untuk hidup dengan kehormatan, kebebasan untuk bersikap dan kebebasan dari rasa ketakutan. Pada Hari Perempuan Internasional ini, masih kita dedikasikan diri kita untuk mewujudkan hal itu menjadi kenyataan.

6. Setiap wanita sebuah misteri yang tidak bisa ditebak pria. Tuhan memberkati kita dengan wanita, jadi mari kita cintai dan hargai mereka sampai akhir zaman. Jangan lupa untuk menghargai ibu, adik dan istri mu. Selamat hari perempuan!

7. Sungguh kesempatan yang luar biasa untuk berterima kasih kepada semua wanita hebat yang berada di luar sana! Terima kasih untuk membuat hidup menjadi lebih mudah, terima kasih karena kamu begitu berbeda dan kuat! Selamat Hari Perempuan Sedunia.

8. Dunia ini akan menjadi lebih baik dengan hadirnya wanita. Tidak peduli apa latar belakang keluarganya, agamanya, ataupun pekerjaan yang mereka Setiap wanita memberikan arti di kehidupan ini, dan setiap wanita juga menghadirkan cinta dalam kehidupan ini. Terima kasih untuk segala cinta dan kasih sayang yang diberikan olehmu untuk kami. Selamat Hari Perempuan Sedunia.

9. Teruntuk kamu wanita yang kuat dan tangguh, teruntuk kamu wanita yang cantik, unik, dan selalu bersemangat. Semoga kamu selalu memberikan inspirasi bagi orang-orang yang ada di sekitarmu. Tetaplah menjadi seorang wanita yang selalu menebarkan aura positif. Selamat Hari Perempuan Internasional

10. Perempuan kuat menginspirasi perempuan lain. Baik di bidang sosial, budaya, ekonomi, maupun politik, ayo perempuan Indonesia maju dan berani unjuk gigi dan menjadi signifikan! Bring it on! - Sri Mulyani, Menteri Keuangan.

Bahasa Inggris:

11. A charming woman doesn't follow the crowd; she is herself." - Loretta Young

12. There is no limit to what we, as women, can accomplish. - Michelle Obama

13. I alone cannot change the world, but I can cast a stone across the waters to create many ripples. - Mother Teresa

14. Human rights are women's rights, and women's rights are human rights. - Hillary Clinton

15. The success of every woman should be the inspiration to another. We should raise each other up. Make sure you're very courageous: be strong, be extremely kind, and above all be humble. - Serena Williams

16. Who runs the world? Girls. - Beyonce

17. We realize the importance of our voice when we are silenced. - Malala Yousafzai

18. Always be a first-rate version of yourself instead of a second-rate version of somebody else. - Judy Garland

19. I am grateful to be a woman. I must have done something great in another life. - Maya Angelou.

20. Women don't need to find a voice, they have a voice, and they need to feel empowered to use it, and people need to be encouraged to listen. - Meghan Markle.

https://www.binsarhutabarat.com/2021/03/hari-perempuan-internasional-2021.html

No comments:

Post a Comment