Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Perdamaian Abadi Palestina Dan Israel

 



Perdamaian Abadi Palestina dan Israel

 

Kita bersyukur gencatan senjata antara Palestina dan Israel dapat terwujud, itu artinya korban jiwa dapat dihentikan untuk sementara waktu. 

Betapa indahnya jika Perdamaian Israel dan Palestina dapat terwujud, demikian juga perdamaian antar bangsa-bangsa di seluruh dunia.

 

Tanggung jawab memelihara kehidupan

Tak ada seorang pun yang bisa menolak untuk dilahirkan di bumi ciptaan Tuhan, dengan dasar itu pula kita semua harus memelihara kehidupan.

 Kehidupan bukan milik kita, tetapi milik sang pencipta, maka tanggung jawab memelihara kehidupan menjadi tanggung jawab semua yang hidup dan memiliki kehidupan yang terberi.

 

Keburukan perang

Perang, pembunuhan, kejahatan dan segala sesuatu yang merampas kehidupan dari seorang individu akan berhadapan dengan sang pemilik kehidupan. 

Mengobarkan perang sama saja dengan merampas kehidupan yang terberi, maka siapapun yang mengobarkan perang sama saja dengan menyediakan diri untuk diperangi. Perang tidak pernah dapat dihentikan dengan perang.


Tentang pembalasan dendam 

Pembalasan dendam juga tak pernah berhenti dengan pembalasan dendam. Sebaliknya dendam hanya akan padam jika mereka yang bertikai saling mengampuni, karena pertikaian terjadi karena kesalahan kedua belah pihak.


Penghentian gencatan senjata yang disepakati Palestina dan Israel mestinya didasari bahwa perang, pembalasan dendam tak akan pernah berhenti. 

Sebaliknya, membatasi diri untuk tidak berperang, malakukan pembalasan dendam adalah jalan bijaksana untuk dapat memahami  akibat perang yang mengerikan. 

Dengan perenungan dan pemahaman akibat perang yang buruk, kedua belah pihak yang berperang  perlu berdamai untuk menghentikan peperangan.

Damai itu membahagiakan

Lihatlah sorak sorai masyarakat Palestina dan Israel yang menyambut kesepakatan gencatan senjata. Damai itu membahagiakan semua pihak.

 Perang hanya akan menimbulkan penderitaan, secara khusus rakyat yang tak tahu menahu ambisi para pemimpin negara yang gemar berperang.

 Kegembiraan rakyat menyambut gencatan senjata harusnya menyadarkan kedua pimpinan negara bahwa rakyat merindukan perdamaian.

 

Perdamaian Abadi

Perang sangat mudah terjadi, karena itu mengusahakan perdamaian adalah perjuangan bersama untuk memelihara kehidupan. 

Apabila para pemimpin negara dikuasai nafsu untuk berperang, dan bukannya mengusahakan kesejahteraan rakyat, maka perjuangan memelihara kehidupan menjadi terabaikan. 

Perang bukan cara untuk melindungi kehidupan, tetapi sebaliknya merampas kehidupan yang adalah milik Tuhan.

Masyarakat dunia sangat berharap terwujudnya perdamaian abadi antara Israel dan  Palestina, bukan hanya sekadar gencatan senjata sementara. 

Para pemimpin kedua bangsa itu mesti berani menyingikirkan kepentingan pribadi dan mengutamakan kesejahteraan rakyat. 

Lihatlah sorak sorai rakyat yang menyambut gencatan senjata. Itu berarti para pemimpin kedua negara perlu berjuang lebih keras untuk mengusakan perdamaian, melindungi rakyat dari perang yang menyengsarakan.

Kiranya perdamaian abadi Palestina dan Israel dapat terwujud dan menjadi inspirasi untuk mewujudkan perdamaian di seantero dunia ini.

 

Dr. Binsar A. Hutabarat

https://www.binsarhutabarat.com/2021/05/perdamaian-abadi-palestina-dan-israel.html

No comments:

Post a Comment