facebook-domain-verification=e9qbhu2sij9ezrnqbgiw8k4f00x69y BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Selamat hari Pentakosta!

Selamat hari Pentakosta!

 




Selamat hari Pentakosta!

 

 

Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”( Yohanes 14:15-17)

 

Janji Yesus memberikan Penolong yang lain, Roh Kudus kepada murid-murid-Nya untuk dapat menjalankan Misi Allah, yaitu menjadikan semua bangsa murid Yesus telah digenapi pada peristiwa Pentakosta.

 

Janji tentang penyertaan Roh Kudus itu bukan hanya berlaku untuk para rasul dan murid-murid yang percaya terhadap pemberitaan para rasul, tetapi juga untuk semua orang percaya masa kini.

 

Selamat mengalami Kuasa Allah.

Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus telah diberikan kepada murid-murid dengan cara yang luar biasa, dan dengan tanda-tanda yang luar biasa. Tetapi, tetap saja orang yang tidak menerima Roh Kudus, karena tidak dapat melihat dan mengenal Roh Kudus, tidak akan memercayai janji Yesus Kristus yang telah digenapi itu.

 

Umat Kristen tidak perlu mengharapkan tanda-tanda kehadiran Roh Kudus yang sama seperti pada  peristiwa Pentakosta, Kehadiran Roh Kudus itu nyata dalam kehidupan mereka yang hidup mentaati Allah. Tanpa pertolongan Roh Kudus tidak ada orang yang dapat hidup mentaati firman Allah.

Umat Kristen juga tidak perlu mengatur Roh Kudus untuk menunjukkan mujiza-mujizat melalui dirinya agar banyak orang yang melihat mujizat-mujizat itu menjadi percaya.

 

Roh Kudus yang adalah Allah itu bersama-sama dengan firman Allah akan menginsyafkan manusia akan dosa dan hidup menerima korban Kristus di kayu salib untuk  hidup sebagai warga kerajaan Allah dengan cara Allah sendiri. Bahkan sering kali dengan cara-cara yang tidak kita pahami.Selamat mengalami kuasa Allah!

 

 

Selamat Menjalankan Misi Allah.

Roh Kudus yang dijanjikan Yesus diberikan untuk menolong orang percaya menaati perintah Allah, yaitu untuk melaksanakan Misi Allah.

 

Yesus kristus telah menggenapi rencana Allah dengan mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Sedangkan mereka yang percaya kepada Yesus, mendapatkan tugas dari Yesus  untuk memberitakan berita sukacita tentang penggenapan janji Allah melalui kematian Kristus di Salib.

 

Mereka yang menjalankan Misi Allah akan tahu bahwa Roh Kudus yang memungkinkan manusia dapat hidup memuliakan Allah, menghasilkan buah-buah Roh, hidup meneladani Yesus dalam ketaatan pada firman Allah, untuk menjadi teladan, dan menjadikan semua bangsa murid Yesus.

 

Roh Kudus bekerja di dalam dan melalui orang percaya sejak peristiwa Pentakosta. Maka seperti murid-murid Yesus pada peristiwa Pentakosta, Roh Kudus tetap bekerja hingga saat ini, yaitu melalui dan dalam hidup orang yang percaya kepada Yesus.

 

Karunia-karunia Roh kudus yang diberikan kepada orang percaya bukan milik orang percaya, tetapi itu adalah tanda bahwa Roh Kudus diam dalam kehidupan orang percaya dan bekerja melalui orang percaya.

 

Karya Roh Kudus  yang memungkinkan murid-murid Yesus bekerja sekuat-kuatnya untuk memberitakan kabar sukacita, injil tentang pengampunan dosa yang dikerjakan oleh Yesus.

 

Didalam pertolongan Roh Kudus, didalam Allah, didalam Firman orang percaya melihat kehadiran Allah Tritunggal yang setia menyertai murid-murid yang melaksanakan Misi Allah untuk membawa berita injil. Selamat hari Pentakosta!

 

Dr. Binsar Antoni Hutabarat

https://www.binsarhutabarat.com/2021/05/selamat-hari-pentakosta.html


No comments:

Post a Comment