facebook-domain-verification=e9qbhu2sij9ezrnqbgiw8k4f00x69y BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Rahasia Memahami Misteri Kehidupan

Rahasia Memahami Misteri Kehidupan

 

AKUIndonesia 

Rahasia Memahami Misteri Kehidupan



Memahami misteri masa depan merupakan harapan semua orang, apalagi ketika berada dalam kesusahan. Namun, betapapun jelasnya lukisan masa depan, semua itu hanya lukisan semata. 


Kita tentu setuju, membuat proyeksi tentang masa depan secermat mungkin itu penting, tapi kita juga perlu paham bahwa pencapaian tentang masa depan itu sendiri sesungguhnya hanyalah karena kasih dan kemurahan Yang Maha Kuasa.


Badai Covid-19 segeralah berlalu.

Vonis Pandemi Covid-19 oleh Badan Dunia WHO telah melewati hitungan tahun. Pada Juli 2020, Pemerintah Indonesia pernah memprediksikan bahwa penyebaran covid-19 akan dapat terkendali. Sayangnya, ritual tahunan mudik dinegeri ini telah merenggut harapan itu.


Harapan baru muncul menjelang akhir 2021 ketika jumlah mereka yang terinfeksi Covid-19 kian melandai. Masyarakat mulai melonggarkan protokol kesehatan. 


Pelaksanaan vaksinasi pun berjalan lambat seiring merenggangnya pelaksanaan protokol kesehatan. Mereka yang telah mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi kerap tidak paham, kapan eksekusi akan dilakukan. 


Himbauan vaksinasi yang dikumandangkan tak beriringan dengan pelaksanaan vaksinasi. Herannya, banyak diantara mereka yang telah menerima vaksinasi merasa diri aman. Padahal, kekebalan komunal melalui vaksinasi masih jauh dari ketentuan.


Sekolah-sekolah telah mengadakan simulasi untuk menyelenggarakan Sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021. Banyak orang tua bergairah mendukungnya dengan seribu satu alasan. 


Menteri Pendidikan bertekat untuk menyelenggarakan sekolah tatap muka, alasannya adalah demi kesejahteraan anak. Menurutnya anak adalah kelompok yang paling menderita.

Keputusan utama tetap ada pada orang tua untuk mengijinan anak mereka melangsungkan pembelajaran tatap muka.


Semangat orang tua untuk mengijinkan anak mereka mengikuti pembelajaran tatap muka mulai menipis ketika mendengar penyebaran Covid yang luar biasa di India. 


Kasus di India ternyata menyasar negara-negara lain. Malaysia yang menjadi sasaran penyebaran covid-19 varian baru dengan cepat melakukan Lock Down.


Lock Down mikro yang menjadi strategi pemerintah Indonesia kembali di dengungkan di Jawa Tengah, secara khusus Kudus , daerah yang tiba-tiba menjadi berita utama penyebaran covid varian baru yang berasal dari India, yaitu Varian Delta.


Berita penyebaran virus corona varian delta ternyata juga menyasar Madura. Tak lama kemudian penyebaran virus corona yang tak terkendali itu juga menyasar Jakarta, Depok, dan Bandung.


Kementerian Agama Indonesia merespon dengan membuat surat edaran larangan menjalankan ibadah di daerah zona merah penyebaran covid-19. 


Jakarta mengeluarkan peraturan Gubernur untuk kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar,yang penerapannya dengan melakukan PSBB mikro.  Lock Down Mikro yang dianggap mujarab mulai diterapkan lebih serius pada daerah-daerah zona merah. 


Harapan selalu ada.

Pada kondisi sulit tersebut hadir berita tentang keberhasilan India menekan ledakan penyebaran Covid-19. Kuncinya adalah pengetatan pembatasan sosial, peningkatanTest Covid-19, serta vaksinasi massal.  


Indonesia perlu serius menerapkan metode yang sebenarnya bukan lagi jadi rahasia umum itu. Kerjasama semua elemen bangsa perlu diperkuat untuk menekan laju penyebaran virus corona yang memprihatinkan.


Melejitnya jumlah harian mereka yang terinfeksi virus corona menyebakan banyak rumah sakit dibanjiri pasien. Bahkan,  banyak pasien harus rela berada di tempat-tempat perawatan darurat. Dokter dan tenaga medis pun menjerit dan kerap mengingatkan agar masyarakat tetap di rumah saja.


Belajar dari India, masyarakat Indonesia tak perlu kehilangan harapan. Berhentilah untuk menuding siapa yang salah, dan bekerjalah bersama-sama untuk memelihara kehidupan bersama. 


Bagaimana gelapnya masa depan itu, Tuhan tetap berdaulat atas kehidupan ini, dan betapapun jelasnya lukisan masa depan yang kita tetapkan, yang menentukan masa depan itu adalah Tuhan. Berharap, dan bertahanlah pada masa sulit sekalipun, karena Yang Maha Kuasa itu setia. Segala kemulian hanya bagi Tuhan.


Dr. Binsar Antoni Hutabarat


https://www.binsarhutabarat.com/2021/06/rahasia-memahami-misteri-kehidupan.html


No comments:

Post a Comment