Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Menggugat Kebijakan Youtube

 

AKUIndonesia 

 


Peluang Bisnis Kelas Dunia. KLIK DISINI!


 Media kondang seperti Youtube sesungguhnya tak lepas dari semangat korporasi yang mau menang sendiri, dan merasa tahu segalanya. Karena itu berhati-hatilah dengan tata kelola youtube, Youtube itu bukan maha tahu, dan tentu saja tak bebas dari salah.


Pengalaman yang saya alami ini mungkin jadi pelajaran untuk banyak orang yang terbius janji-janji youtube sebagai media yang memiliki tatakelola yang baik. 


Apakah mungkin sebuah korporasi sekelas Youtube bisa bersikap imparsial sedang korporasi itu sendiri pada dasarnya adalah dilandasu nafsu untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Penghitungan iklan yang serba rahasia, jelas-jelasnya menunjukkan bahwa korporasi model youtuber perlu diawasi, dan jangan menganggap kerja Youtube itu ibarat tangan Tuhan. Isu itu sudah jadi rahasia umum.


Kekesalan saya memuncak ketika hari ini tanggal 5 Agustus 2021, tiba-tiba channel youtube saya dihapus, padahal saya tidak merasa melakukan kesalahan, atau pelanggaran komunitas.

Youtube saya terkait dengan blog saya, jadi kalau ada yang terkait dangan isi blog bukan merupakan plagiasi, toh itu karya saya sendiri.


Apakah mungkin karena, beberapa kali gagal melakukan live streaming, maklum lagi belajar menyesuaikan youtube dengan zoom, tapi itu juga tak ada kesalahan menurut saya.

Hebatnya lagi, korporasi yang digdaya youtube itu bisa seenaknya menutup channel youtube saya, http://youtube.com/BinsarHutabaratInstitute tanpa permisi sama sekali. Itulah kepongahan Youtube.


Saya memang sudah komplain mengenai penutupan itu, dan email saya memberitahukan bahwa untuk mendapatkan jawaban itu butuh waktu dua hari, enak juga jadi korporasi model youtube bisa buat apa saja, termasuk mempertanggungjawabkan tindakannya juga menentukan semaunya.

Pemerintah Indonesia mesti waspada dengan perdagangan global, youtube sudah banyak mengeruk untung dari rakyat Indonesia, tapi apa sich kontribusi youtube untuk Indonesia.

Bisnis online seperti Youtube ini tidak boleh dibiarkan melakukan apa saja semau korporasi itu, tetapi perlu diawasi pemerintah, dan jangan segan-segan untuk menjewer youtube untuk kesalahannya, karena youtube perlu diawasi dan diberikan tindakan tegas, setiap kali bertindak sewenang-wenang. 

#Youtubemengecewakan.

https://www.binsarhutabarat.com/2021/08/menggugat-kebijakan-youtube.html



No comments:

Post a Comment