Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Asosiasi Program Studi Teologi

 



Pertemuan persiapan pembentukan Asosiasi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen telah berlangsung selama tiga kali, dalam satu bulan terakhir ini, demikian ungkap Dr. Binsar Antoni Hutabarat.

Pada  pertemuan pertama dilakukan diskusi tentang kebutuhan pendirian asosiasi program studi dengan mengundang Dr. Daniel Nuhamara, asesor senior pendidikan tinggi keagamaan Kristen.

Pada pertemuan kedua yang dihadiri perwakilan dosen dari berbagai pendidikan tinggi teologi Sabtu 5 Maret 2022  disepakati perlunya pembentukan pengurus Asosiasi Program Studi.

Pembentukan asosiasi program studi teologi dan pendidikan agama Kristen itu secara khusus merespons terbitnya, Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama tentang Penetapan Kurikulum Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Tanggal 6 April 2021. 

Mengingat penetapan mata kuliah wajib yang mencirikan sebuah program studi perlu ditetapkan oleh asosiasi program studi sejenis, maka pembentukan asosiasi program studi sangat dibutuhkan.

 Asosiasi akan segera Menyusun Penetapan Capaian Pembelajaran Jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) yang sangat dibutuhkan dalam penilaian terkait kurikulum mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesi pada akreditasi program studi.

Sabtu, 12 Maret 2022 telah dilakukan pemilihan pengurus asosiasi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen sebagai pendiri asosiasi program studi untuk mendapatkan kegalitasnya. 

Ketua pendiri Dr.. Binsar Antoni Hutabarat juga mengungkapkan bahwa panitia pendiri juga telah membuka pendaftaran baik secara individu atau institusi untuk menjadi anggota asosiasi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang ditetapkan kelahirannya pada 2 Mei mendatang.

Pelantikan pengurus Asosiasi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen rencananya digelar bersamaan dengan Konferensi Asosiasi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang rencananya berlangsung pada bulan Agustus, sebagai ungkapan harapan terwujudnya Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar pada Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.


Sumber: B.A. Hutabarat


https://www.binsarhutabarat.com/2022/03/asosiasi-program-studi-teologi.html


No comments:

Post a Comment