} BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Hikmat Allah Vs Hikmat Manusia

Hikmat Allah Vs Hikmat Manusia





Hikmat Allah Vs Hikmat Manusia

 

Hikmat Allah berasal dari Allah, ketika diterapkan menghasilkan kebaikan, damai sejahtera. Sedang hikmat manusia, hikmat dari bawah, berpusat pada keinginan yang melawan Allah, diterapkan dengan berpusat pada keinginan daging, nafsu manusia berdosa, dan oleh bujukan kegelapan serta menghasilkan kekacauan.

 

Hikmat danPengetahuan

Hikmat adalah kemampuan menggunakan pengetahuan, tanpa hikmat pengetahuan tidak menghasilkan kebaikan bersama, sebaliknya menghasilkan kerusakan. Itulah sebabnya ada orang yang cerdas, memiliki banyak pengetahuan, tetapi penerapan pengetahuan tidak menghasilkan kebaikan, dan kemuliaan bukan bagi nama Tuhan.

PerbedaanHimat Allah dan Hikmat manusia:

1. Hikmat Allah berasal dari Allah. Hikmat Allah hanya bisa didapatkan oleh anugerah Allah. Manusia yang bergantung kepada Allah mendapatkan hikmat Allah di dalam Allah. Sedangkan hikmat manusia berasal dari bawah, dari keinginan dunia yang bertentangan dengan kebenaran Allah, hawa nafsu daging, serta bujuk rayu iblis.

2. Hikmat Allah ketika diterapkan menghasilan kebaikan, karena penerapan pengetahuan dalam hikmat Allah adalah penerapan pengetahun dengan tujuan memuliakan Tuhan serta memberikan kebaikan bagi sesama. Sebliknya hikmat manusia menerapkan pengetahuan dengan berpusat pada diri sendiri yang dipengaruhi oleh keinginan dunia yang melawan Allah, hawa napsu daging, serta tipu daya roh-roh jahat, dan iblis.

3. Hikmat Alah menghasilkan kebaikan bersama, damai sejahtera,serta memuliakan Alla. Penerapan himat Allah membuat manusia saling mengasihi dan bersama-sama hidup memuliakan Tuhan. Sedang penerapan hikmat manusia menghasilkan kekacauan, persengketaan, nafsu untuk saling menghancurkan yang berpusat pada hawa nafsu manusia berdosa yang berakibat menghancurkan manusia itu sendiri.

Mintalah hikmat Allah kepada Allah, dan gunakan pengetahuan yang kita punya untuk kemuliaan Tuhan dan kebaikan sesama, sehingga semangat mengabdikan pengetahuan bukan berpusat pada kepentingan diri yang dikuasai hawa nafsu duniawi, tetapi mintalah hikmat Allah untuk menerapkan pengetahuan dengan semangat dedikasi kepada Allah.

Hasil dari hikmat yang diberikan Allah itu akan menghadirkan kebaikan bagi sesama dan kemuliaan bagi Tuhan. Kiranya damai sejahtera Allah menguasai kita pada minggu ini dan selamanya.

 

Dr. Binsar Antoni Hutabarat

Direktur Binsar Hutabarat Institute

https://www.binsarhutabarat.com/2022/11/hikmat-allah-vs-hikmat-manusia.html

No comments:

Post a Comment