} BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Soal Check Plagiarism

Soal Check Plagiarism

 https://www.facebook.com/Binsarhutabaratcenter




Soal Check Plagiarism

Menulis selalu saja menghadirkan sebuah karya baru, dan jika menulis tidak menghadirkan kebaruan, itu berarti penulis hanya mengutip saja hasil karya orang lain atau biasa disebut plagiat.

Plagiarism Checker

 Mengutip karya orang lain perlu mencantumkan sumber, itu berarti penulis menghargai karya tulis orang lain. Jika pengutipan dilakukan tanpa mencantumkan sumber, atau tidak mengungkapkan sumber ide atau kalimat yang dikutip, tindakan itu biasa disebut plagiasi. 

Sayangnya, kemalasan penulis kemudian memunculkan cara instan dalam menulis, yaitu menggunakan cara-cara tak terpuji menghindari plagiasi. Memang alat check plagiarism bisa diperdaya dengan menekan indeks plagiasi, tapi bagi para ahli yang paham tentu saja mampu membedakan, karena alat check plagiarism hanya alat bantu, dan yang menentukan sebuah artikel itu plagiarism atau tidak adalah reviewer.

Banyaknya cara mensiasati untuk terhindar dari check plagiarism itu kemudian menyebabkan bermunculannya

 karya-karya yang dipublikasikan di jurnal tidak berkontribusi penting bagi kemajuan masyarakat, tetapi hanya sekadar memperbaharui kalimat, tanpa menghadirkan temuan baru, jika demikian, maka tenaga yang begitu banyak dikeluarkan itu, bisa jadi tak berdampak apapun. 


Meningkatkan ketrampilan menulis

Menulis merupakan ketrampilan, berarti menulis itu perlu latihan, makin giat kita berlatih menulis, maka tulisan kita akan semakin baik, dan mudah dibaca orang lain, artinya pesan yang ingin kita sampaikan lewat tulisan, dapat diterima dengan baik sesuai dengan maksud si penulis.

Menulis juga memerlukan pengetahuan, antara lain pengetahuan tata bahasa, terkait kata, prasa atau kalimat. Demikian juga pengetahuan tentang paragraf. 

Alur logis tulisan dapat semakin baik dengan makin bertambahnya pengetahuan tentang logika, dan kemampuan berpikir kritis. Semua pengetahuan itu menunjang penulis untuk terampil menulis dengan baik.

Penulis juga perlu menghargai sebuah tulisan sebagai sebuah karya yang menghadirkan temuan baru. Itulah sebabnya penulis yang menghargai sebuah karya tulis akan menjauhkan diri dari kegiatan yang menjurus pada plagiasi.

Dr. Binsar Antoni Hutabarat

Selamat Menulis!!!

https://www.binsarhutabarat.com/2022/11/soal-check-plagiarism.html
HOME SCHOOL KLIK DISINI!

No comments:

Post a Comment