4 hal yang esensial dalam Hidup manusia



https://linktr.ee/binsarantonihutabarat 



Apakah yang esensial dalam kehidupan manusia? Setidaknya ada 4 hal yaitu terang, udara, air dan makanan. Terang adalah yang pertama diciptakan. Jika matahari tidak ada segala maka sesuatu akan mati, demikian juga udara, air, dan makanan. Jesus adalah sumber semuanya itu. 

1. Yesus adalah terang hidup, terang dunia. “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, Akulah terang dunia; barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup”(Johanes 8: 12), Yesus adalah matahari kebenaran. Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang” (Maleaki 4:2).

2. Melalui Roh Kudus Yesus memberikan manusia nafas  hidup.  “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh”(Johanes 3:8). Dan sesudah berkata demikian; Ia mengembusi mereka dan berkata; “Terimalah Roh Kudus”. (Yohanes 20:22).

3. Yesus juga air kehidupan “Jawab Yesus kepadanya, “jikalau Engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah dia yang berkata kepadamu; berilah Aku minum! Niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup” (Johanes 4:10). Orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau  daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemulian yang diberikan kepada-Nya sebagai anak tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:3-14). Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, “barang siapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum. Barang siapa percaya kepada-Ku seperti dikatakan oleh kitab suci’Dari dalam dirinya akan mengalir aliran-aliran air hidup”. (7:37-39).

4. Yesus adalah Roti kehidupan yang turun dari surga, “Kata Yesus kepada mereka; Akulah roti hidup;barang siapa datang kepada-Ku . ia tidak akan lapar lagi, dan barang siapa percaya kepada-Ku ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6: 35). Yesus tidak hanya memiliki hidup, dan memberikan hidup, tapi Yesus Hidup. Kata yesus kepadanya; Akulah jalan, dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”  (Yohanes 14:6).

Terang dan gelap adalah tema yang muncul dalam kitab Injil (Allah adalah terang 1 Yohanes:1:5, pada sisi lain setan adalah kuasa kegelapan (Luks 22:35). Manusia mencintai terang atau kegelapan, dan pilihan itu mengontrol tindakan mereka (Yohanes 3:16-19).

Mereka yang percaya pada Kristus adalah anak-anak terang. Kata Yesus kepada mereka; Hanya sedikit waktu lagi terang ada diantara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barang siapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu kemana ia pergi. Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.”(Johanes 12: 35-36).

Sebagaimana penciptaan mulai, jadilah terang, dan terang itu pun jadi. Dengan demikian Ciptaan baru mulai dengan masuknya terang dalam hati manusia yang percaya.” Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ie tertutup untuk mereka yang akan binasa. Yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini. Sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan kristus, yang adalah gambaran Allah. Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus. Sebab Allah yang telah berfirman: “ Dari dalam gelap akan terbit terang!” Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.” (2 Korintus 4:3-6) 

Kedatangan Yesus Kristus kedalam dunia adalah fajar sebuah hari yang baru untuk manusia berdosa (Lukas 1:78-79)

Kita tentu berpikir sudah sepatutnya manusia berdosa menyambut terang itu, tetapi kasusnya tidak selalu demikian. Kedatangan terang membawa konflik, sebagaimana kuasa kegelapan melawannya. Kedatangan Terang membawa konfik dilaporkan dalam kitab Yohanes 7-12 yang mencatat orang-orang yang tidak memahami terang itu melawan terang, orang-orang yang tidak memahami perkataan dan perbuatan Yesus melawan Yesus, puncaknya mereka menyalibkan Yesus.

Ketika Yesus mengajarkan hal-hal rohani, mereka yang tidak memahaminya menafsirkan perkataan Yesus menurut pikiran mereka sendiri, pada perspektif yang berpusat pada diri sendiri, atau perspektif dunia yang melawan Allah.

Ketika Yesus berbicara bahwa tubuh-Nya adalah bait Allah (Johanes 2: 13-21, Kelahiran kembali (Johanes 3;4) Air hidup (Johanes 4;11), Akulah Roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seoramg makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan kuberikan untuk hidup dunia.” (Johanes 6:51), kemerdekaan rohani (Johanes 8:30-36, kematian sebagai tidur (Johanes 11:11-13), dan banyak kebenaran rohani, setan berusaha membutakan orang-orang yang berada dalam belenggu kegelapan, karena kegelapan artinya kematian dan neraka, sedang terang artinya hidup dan sorga.

Kata saksi adalah kata kunci dalam kitab injil Yohanes, Yohanes adalah saksi kedatangan terang. Yohanes pembaptis adalah salah seorang yang dilahirkan untuk menjadi saksi kedatangan Yesus. Tapi Yohanes pembaptis menjadi martir dan pemimpin-pemimpin agama Yahudi pada waktu itu tidak mencegahnya.

Mengapa bangsa-bangsa menolak Yesus? Karena mereka tidak mengenal Yesus. Mereka secara rohani mengabaikan Yesus yang adalah terang hidup. Terang yang asli, dan terang-terang lain adalah “copy an”, terang yang sesungguhnya adalah Yesus. Yesus adalah penggenapan agama perjanjian lama.

Yesus adalah kebenaran, tetapi orang-orang Yahudi tidak percaya. Yesus adalah kehidupan, tapi mereka menyalibkan Yesus.

Mereka yang percaya kepada Yesus memiliki hidup, hidup baru yang berawal dari menerima terang itu dalam hati. Terang Krstus masih bersinar, Terimalah terang itu dan menjadi anak-anak Allah.

https://www.binsarhutabarat.com/2022/12/4-hal-yang-esensial-dalam-hidup-manusia.html

No comments:

Post a Comment