} BINSAR HUTABARAT INSTITUTE: Jurnal AKademik

Jurnal AKademik


Jurnal Akademik




 Sekilas Tentang Jurnal Ilmiah


Jurnal ilmiah sederhananya diartikan sebagai catatan harian para ilmuwan terkait  perjalanan karirnya. 
Tidak semua hal bisa ditulis di jurnal,  hanya hal-hal yang penting saja, yang menandai perjalanan karir seorang ilmuwan. Karena itu membaca jurnal ilmiah menolong kita menemukan temuan-temuan baru para ilmuwan. Itulah sebabnya, tulisan jurnal mestinya didasarkan pada hasil riset, meski bukan dalam bentuk laporan penelitian. Dengan demikian jelaslah menulis jurnal bukan hal mudah, tidak heran, sedikit sekali jurnal akademik yang bertahan lama dan berkualitas. 

Untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam menjaga keberlangsungan Jurnal Akademik diperlukan : 
(NASKAH- DANA-NETWORKING)


Melihat pentingnya menhadirkan Jurnal Akademik berkualitas maka Binsar Hutabarat Institute bekerjasam dengan banyak lembaga menyelenggarakan Seminar, Workshop penulisan jurnal akademik, dan tata kelola jurnal akademik terakreditasi. Prosedur penelitian menggunakan metode kuantitatif dan  kualitatif, serta kiat menulis bebas plagiasi untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Pelatihan konversi Skripsi, Tesis, Disertasi menjadi naskah jurnal yang siap terbit juga kerap digelar.

Pelatihan Menulis (Academic Writing)

Academic Writing perlu untuk memperlengkapi peneliti agar dapat mempublikasikan hasil penelitian dengan bebas plagiasi.

Ini alasan mengapa pelatihan menulis karya ilmiah diperlukan!

Penulisan artikel ilmiah merupakan kewajiban bagi dosen perguruan tinggi, itu dinyatakan secara tegas dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Tanpa menghasilkan karya ilmiah pada jurnal akademik, seorang calon dosen tidak dapat diangkat menjadi dosen tetap dengan jabatan fungsional minimal asisten ahli.

Sedang untuk mahasiswa Program Sarjana  dan Pascasarjana baru bisa dinyatakan lulus, kemudian diwisuda, jika artikel ilmiah yang mengacu pada hasil penelitian karya akhir mahasiswa itu dimuat di jurnal akademik.

Pada sisi lain, publikasi hasil penelitian dosen dan tamatan pendidikan tinggi masih sangat rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum berkembangnya budaya menulis di masyarakat pada umumnya, dan juga perguruan tinggi khususnya.

Berbekal pengalaman menjadi peneliti dan penulis artikel ilmiah populer dan penulis artikel ilmiah akademik, Reviewer berbagai Jurnal Ilmiah dan Jurnal Pengabdian Masyarakat, Dr. Binsar A. Hutabarat, seorang tamatan Doktor pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta terbeban untuk menyemaikan budaya menulis pada dosen dan mahasiswa perguruan tinggi dengan melakukan seminar, pelatihan riset dan penulisan karya ilmiah akademik.

Nara Sumber

Dr. Binsar. A. Hutabarat 

https://www.youtube.com/Dr.BinsarHutabarat

Kontak: yvindonesia@gmail.com

 Bergabunglah dalam Klub Menulis Jurnal Sampai Bisa di Aplikasi telegram.

Menulis Jurnal Sampai Bisa

https://www.facebook.com/DoktorBinsarHutabarat VIEW IN TELEGRAM


https://www.binsarhutabarat.com/p/jurnal-akademik.html

No comments:

Post a Comment