Tantangan dan Peluang Komnas Ham 2022-2027

Cara Menulis Bebas Plagiarisme





                       



Bagaimanakah Cara Menulis Bebas Plagiarisme?

Temukan jawabannya pada acara "Menulis Bebas Plagiarisme."

Acara ini akan membahas:
Bagaimanakah menyusun paragraf induktif hasil penelitian?
Bagaimanakah Menyusun paragaraf deduktif?
Bagaimanakah menyusun paragrag gabungan induktif dan deduktif?
Bagaimanakan struktur argumen bagian pembahasan artikel ilmiah yang baik?



Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Akademik Online
 

Penulisan artikel ilmiah merupakan kewajiban bagi dosen perguruan tinggi, itu dinyatakan secara tegas dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Tanpa menghasilkan karya ilmiah pada jurnal akademik, seorang calon dosen tidak dapat diangkat menjadi dosen tetap dengan jabatan fungsional minimal asisten ahli.

 

Sedang untuk mahasiswa Program Sarjana  dan Pascasarjana baru bisa dinyatakan lulus, kemudian diwisuda, jika artikel ilmiah yang mengacu pada hasil penelitian karya akhir mahasiswa itu dimuat di jurnal akademik.

 

Pada sisi lain, publikasi hasil penelitian dosen dan tamatan pendidikan tinggi masih sangat rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum berkembangnya budaya menulis di masyarakat pada umumnya, dan juga perguruan tinggi khususnya.

 

Berbekal pengalaman menjadi peneliti dan penulis artikel ilmiah populer dan penulis artikel ilmiah akademik, Dr. Binsar A. Hutabarat, seorang tamatan Doktor pada Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta terbeban untuk menyemaikan budaya menulis pada dosen dan mahasiswa perguruan tinggi dengan melakukan seminar, pelatihan riset dan penulisan karya ilmiah akademik.

 


Nara Sumber:

Dr. Binsar. A. Hutabarat

Kontak: antonihutabarat@gmail.com



No comments:

Post a Comment