Visi, Misi






Kehadiran Binsar Hutabarat Institute melalui jalan panjang dari pergumulan Dr. Binsar Antoni Hutabarat yang mengalami pembaruan Allah sejak Maret 1986. 

Perjalanan belajar untuk mengenal Tuhan, Hidup dalam Tuhan, baik melalui pendidikan teologi, mengajar di sekolah-sekolah teologi, serta pelayanan penggembalaan di beberapa gereja dengan denominasi yang beragam, serta diperkaya dengan perjumpaan antaragama melalui keterlibatan aktif dalam penelitian, seperti menjadi peneliti Raperda Kota Injil di Manokwari, Papua tahun 2007, hasil penelitiannya banyak tersebar diberbagai media, jurnal Koran dll.

Keteribatan dalam koalisi kebebasan beragama, serta menjadi anggota komunitas peneliti konflik agama angkatan pertama yang diselenggarakan Gusdurian, Wahid Institute, dan juga pernah terpilih dalam kelompok 60 Besar Calon Komnas HAM Indonesia.

Aktivitas dalam dialog antaragama, serta kerjasama proteksi kebebasan beragama di Indonesia, membawa kesadaran Dr. Binsar Hutabarat mengenai pentingnya kehadiran Kristen yang dewasa, mandiri dan tidak melulu menerima apa saja dari luar Indonesia meski tidak perlu menjadi anti Barat. 

Umat Kristen Indonesia perlu hadir merawat keberagaman yang ada di Indonesia dengan terus menapaki Misi Allah yang diberikan kepada peribadi maupun institusi gereja di Indonesia.

Banyaknya denominasi, dan juga agama-agama yang tumbuh subur di Indonesia sejatinya perlu disyukuri, karena bangsa Indonesia menghargai agama pada tempat yang terhormat, karena itu sudah seharusnya gereja-gereja di Indonesia menghargai keragaman denominasi dan agama dengan menguatkan keesaan gereja tanpa menegasikan keragaman agama-agama. 

Sebaliknya,  menguatkan toleransi antar agama, untuk mengusahakan persatuan agama-agama dalam membangun indonesia yang adil dan sejahtera perlu menjadi cita-cita bersama seluruh rakyat indonesia.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Binsar Hutabarat Institute menetapkan "Visi Menjadi Institusi yang terkemuka dalam menguatkan Keesaan Gereja dan Toleransi Beragama di Indonesia. "

Misi: 1. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan Riset dan Menulis, Pendalaman Alkitab, Seminar Teologi, secara khusus teologi publik, untuk menghadirkan kehidupan publik yang damai dan toleran.

2. Menyelenggarakan kerjasama antar denominasi gereja dan antaragama dalam usaha menguatkan keesaan gereja dan toleransi beragama.

3. Mempromosikan implementasi kehidupan publik yang sehat yang dibangun di atas dasar kebijakan publik yang unggul khususnya di Indonesia.


Misi menyelenggarakan pelatihan riset dan menulis karya ilmiah kemudian mengerucut dalam program "Pelatihan Menulis Jurnal Sampai Bisa," dengan target pada Desember 2021 ada 1000 (seribu) penulis jurnal akademik baru yang bergiat mempublikasikan pengetahuannya  untuk kemajuan umat manusia, Indonesia secara khusus. 




Kontak: 

1. Mariana, Hp.  081210641245 atau 081219700134

2. Email: antonihutabarat@gmail.com

Donasi dapat dikirmkan melalui Go Pay 0818829934

Rekening BCA. 7400166760 (Binsar Antoni Hutabarat)

Rekening BRI 720401000471533 (Mariana maritje Klaas)


antonihutabarat@ gmail.com


Dr. Binsar A. Hutabarat, M.Th.

https://www.binsarhutabarat.com/p/visi-misi.html

No comments:

Post a Comment